Sukses

Maskapai Harus Dapat Izin 3 Hari Sebelum Terbang

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan memastikan akan membuat aturan untuk memperketat izin terbang.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan tidak ada lagi maskapai yang mengurus izin terbang beberapa jam sebelum melakukan penerbangan seperti yang selama ini terjadi.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan memastikan akan membuat aturan untuk memperketat izin terbang yang harus dimiliki tiga hari sebelum pesawat milik maskapai melakukan penerbangan.

"Pengajuan flight approval harus 3 hari sebelum penerbangan. Jadi izin rute yah diajukan itu harus dilakukan 4 bulan sebelum dilakukan penerbangan," ujarnya di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (20/1/2015).

Sejalan dengan aturan tersebut, dirinya akan membuat aturan agar pilot melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum diizinkan terbang.

"LPPNPI (Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesi/Airnav) akan siapkan dokter dan psikolog," lanjut dia.

Selain itu, Jonan akan menghapuskan izin dua periode, yakni periode summer antara Maret hingga Oktober dan periode winter antara Oktober hingga Maret.

"Tidak ada lagi izin 'winter' dan 'summer', nanti diaturnya sekali setahun saja," tandasnya. (Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini