Sukses

Keputusan Bank Sentral Swiss Terus Hadirkan Kejutan Baru

Pekan lalu, Bank Sentral Swiss mengejutkan pasar keuangan dunia dengan menghapus pembatasan nilai tukar mata uangnya terhadap euro

Liputan6.com, Bern - Pekan lalu, Bank Sentral Swiss (SNB) mengejutkan pasar keuangan dunia dengan menghapus pembatasan mata uangnya terhadap euro. Selama ini, patokan nilai tukar franc Swiss dipatok di level 1,2 per 1 euro.

Menyusul langkah tersebut, seperti dikutip dari Business Insider, Rabu (21/1/2015), nilai tukar franc terhadap euro meningkat hingga 41 persen. Kondisi tersebut membuat sejumlah pemain di pasar keuangan mulai dari pialang hingga manajer keuangan berada di bawah tekanan besar.

Sepekan setelah kejadian tersebut, Chief Market Strategist at Oppenheimer & Co. John Stoltzfus mengatakan, keputusan SNB merupakan sebuah kejutan besar. Dan berbagai kejutan lain akan bermunculan mengejutkan para investor di pasar.

Dia yakin tindakan SNB pekan lalu akan dipandang sebagai cerminan sejarah pasar keuangan mengingat ini hanya bagian kecil dari cara SNB menghadapi peluncuran kebijakan Quantitative Easing Bank Sentral Eropa.

"Untuk saat ini, kami yakin para investor harus selalu fokus pada tujuannya, jangan kehilangan fokus terhadap pasar mengingat lebih banyak kejutan masih akan berdatangan," katanya.

Setelah keputusan SNB yang mendadak itu, pasar keuangan sekarang masih berusaha mencerna dampak dan alasan keputusan tersebut. Ada juga para investor yang yakin bahwa keputusan SNB dapat memberikan dampak positif dan pemulihan ekonomi yang berkelanjutan di zona euro. (Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.