Sukses

Jokowi Yakin Ekonomi RI Tumbuh 7% dalam 5 Tahun

Target tersebut akan didorong potensi negara ini terutama di sektor maritim, perikanan, energi, dan pariwisata.

Liputan6.com,Jakarta - Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) menargetkan Indonesia mampu mengecap pertumbuhan ekonomi mencapai level 7 persen dalam kurun waktu lima tahun. Target tersebut akan didorong potensi negara ini terutama di sektor maritim, perikanan, energi, dan pariwisata.  

"Yang ingin dikejar rata-rata pertumbuhan ekonomi 7 persen dalam lima tahun mendatang demi kesejahteraan masyarakat," ungkap Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Bappenas, Andrinof Chaniago di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (21/1/2015). 
 
Bidikan target tersebut, kata dia bukan tanpa alasan dan tujuan. Dirinya memandang, Indonesia mempunyai potensi besar dari bidang kemaritiman, energi, sektor pertanian dan pariwisata. Guna mencapainya dikompliti dengan pembangunan infrastruktur.
 
"Konsennya proyek besar atau satu paket yang terintegrasi. Termasuk tujuan pembangunan sosialnya di samping sasaran pembangunan manusia. Ini menjadi salah satu indikator kualitas pembangunan," terangnya. 
 
Pemerintah, sambung dia, berharap pertumbuhan ekonomi yang inklusif dari potensi sektor energi, maritim, pertanian dan pariwisata tanpa melupakan pemerataan pembangunan di daerah terpencil dan pulau terluar. 
 

"Komitmen kita di wilayah perbatasan sangat jelas. Membangun bandara perintis, dermaga, dan sebagainya karena sumber daya kita ada jadi bisa capai 7 persen pertumbuhan ekonomi. Arahnya mewujudkan pembangunan yang berkualitas, berbasis luas, adil dan bisa memberikan peningkatan kesejahteraan sepanjang-panjangnya," tegas Andrinof. (Fik/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini