Sukses

Pengusaha Minta Pemerintah Tiru Malaysia Soal Ini

BUMN di Malaysia bisa tumbuh dan mendapatkan untung yang besar karena dipimpin CEO kelas dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Upaya meningkatkan kinerja dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sehingga mampu memberikan pendapatan yang besar bagi negara, pengusaha menilai pemerintah harus meniru cara Malaysia.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Suryo Bambang Sulisto mengatakan, BUMN di Malaysia bisa tumbuh dan mendapatkan untung yang besar karena dipimpin CEO kelas dunia, tidak perduli CEO tersebut berasal dari warga negara atau pun warga negara asing.

"BUMN di Malaysia itu dipimpin CEO top, kelas dunia. Mereka tidak peduli apakah itu warga negaranya sendiri atau warga negara asing," ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (22/1/2015).

Dia mencontohkan, BUMN minyak milik Malaysia seperti Petronas. Pendapatan yang didapatkan oleh perusahaan tersebut setara dengan pendapatan separuh BUMN yang ada di Indonesia.

"BUMN di Malaysia keuntungan lebih besar dari separuh BUMN Indonesia kalau digabungkan," lanjutnya.

Menurut Suryo, dengan menggunakan CEO yang berkelas dunia, maka akan membuat BUMN Indonesia siap bersaing dengan perusahaan-perusahaan asing sejenis.

"Karena mereka di-manajemeni oleh the best manajement you can get. Kalau keuntungan BUMN bisa tumbuh, maka pemasukan bagi negara juga besar dan enterpreneur dalam negeri bisa dikembangkan," tandas dia. (Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Kadin Indonesia adalah organisasi pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian.

    Kadin

  • BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang beroperasi di Indonesia.

    BUMN