Sukses

Badiklat Bengkulu Siapkan 2 Skenario Buat Prajabatan CPNS

Prajabatan CPNS yang lolos melalui pengangkatan tenaga honorer Kategori II hanya menjalanlan prajabatan selama 6 hari saja.

Liputan6.com, Bengkulu - Badan Pendidikan dan Pelatihan (badiklat) Provinsi Bengkulu menyiapkan dua skenario prajabatan bagi para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang lolos tes tahun 2014.

Kepala Badiklat Bengkulu, Eris Taufani mengatakan, skenario pertama adalah prajabatan bagi CPNS yang lolos melalui pengangkatan tenaga honorer Kategori II. Mereka hanya menjalanlan prajabatan selama 6 hari saja, 5 hari materi kelas dan 1 hari untuk tes.

Skenario kedua adalah prajabatan untuk CPNS yang lolos tes melalui formasi tes umum atau reguler. Para peserta akan menjalankan pendidikan dan pelatihan selama 32 hari. Rinciannya, 17 hari materi kelas, 13 hari materi lapangan dan 2 hari untuk pelaksanaan tes.

"Tidak menutup kemungkinan mereka bisa gagal. Artinya hak untuk diangkat menjadi PNS 100 persen tertunda. Jika dalam rentang waktu 2 tahun CPNS tidak mengantongi sertifikat pra jabatan, otomatis status CPNS yang disandangnya akan hilang, sebab dianggap tidak memenuhi syarat atau TMS," ujar Eris di Bengkulu, Kamis (22/1/2015).

Pelaksanaan prajabatan ini lanjut Eris akan dimulai tanggal 9 Februari mendatang. Para peserta yang sudah didata berdasarkan surat dari Badan Kepegawaian Negara atau BKN disesuaikan dengan kesiapan anggaran masing masing kabupaten.

Tahun 2015 ini, badiklat Bengkulu juga menerima peserta prajabatan dari kabupaten Anambas Kepulauan Riau. Sebanyak 6 orang peserta terdiri dari 3 orang prajabatan golongan III dan 3 orang golongan II.

"Selain peserta dari kabupaten Anambas, kita juga menerima peserta sebanyak 3 orang dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan," demikian Eris Taufani. (Yuliardi Hardjo Putra/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini