Sukses

4 Jawaban Saat Bos Tahu Anda Sedang Cari Pekerjaan Baru

Dalam posisi mencari kerja, biasanya seseorang tidak ingin memberitahu orang lain, termasuk kepada bos sendiri.

Liputan6.com, Los Angeles - Mencari pekerjaan adalah hak semua orang, termasuk bagi mereka yang telah memiliki pekerjaan. Dalam posisi ini, biasanya seseorang tidak ingin memberitahu bahwa dirinya sedang mencari pekerjaan di tempat lain, termasuk kepada bosnya.

Tidak memberitahu orang lain saat sedang mencari pekerjaan baru biasanya dilakukan karena takut merusak pekerjaan saat ini. Tetapi, bagaimana jika akhirnya si bos tahu apa yang Anda kerjakan? Anda harus mempersiapkan kemungkinan terburuk, bukan?

Dikutip dari Forbes pada Rabu (28/1/2015), berikut kami berikan beberapa pilihan jawaban jika situasi seperti itu benar-benar terjadi pada Anda:

1. Berbohong

"Tidak, saya tidak mencari pekerjaan baru. Mengapa Anda bertanya seperti itu?" Jawaban sekaligus pertanyaan ini berguna untuk mengetahui latar belakang atasan Anda mengatakan demikian. Setelah Anda mengetahui apa alasan atasan, maka ke depannya Anda dapat menghindari pertanyaan serupa.

Tetapi, pilihan pertama ini sangat riskan untuk jangka panjang. Jika Anda mendapat pekerjaan baru, maka atasan Anda akan langsung sadar bahwa dirinya telah dibohongi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

2. Side-step

Cara ini mirip dengan berbohong, tetapi dalam momen tertentu akan sangat membantu. Misalnya, saat atasan Anda bertanya apakah Anda sedang mencari pekerjaan baru, maka Anda dapat menjawab "Tidak. Sebetulnya saya sedang mencarikan teman saya pekerjaan. Mengapa Anda mengatakan itu?" Kemudian, lakukan langkah yang sama seperti saat Anda berbohong. 

3. Setengah jujur

Cara ini dilakukan saat atasan mengkonfrontir, misalnya, dengan memberikan bukti bahwa Anda sedang mencari pekerjaan baru. Beberapa jawaban yang dapat dikatakan, misalnya, "Ya, saya merasa kurang tertantang akhir-akhir ini dan sedang mencari posisi yang membuat saya tertantang kembali."

Ingat, jangan katakan bahwa Anda sedang mencari posisi yang membuat tertantang di perusahaan lain. Katakan saja bahwa Anda kurang tertantang.

4. Jujur

Saat atasan Anda akhirnya bertanya "Apakah Anda mencari pekerjaan lain?" maka jawablah langsung, "Mengapa Anda bertanya?" dan lihat bagaimana respon atasan Anda. Berdasarkan jawaban mereka, Anda bisa membuat pernyataan yang jujur.

Gunakan juga saat-saat seperti ini untuk bernegosiasi dengan atasan, misalnya membahas kinerja dan proyeksi karir Anda ke depan. Saat Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan, bukan tidak mungkin Anda tidak jadi keluar dari perusahaan.  (Rio/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini