Sukses

Sentimen Yunani Bikin Wall Street Menguat Tipis

Sentimen Yunani dan kenaikan sektor saham minyak mempengaruhi Wall Street di awal pekan.

Liputan6.com, New York - Bursa saham Amerika Serikat (AS) menguat tipis di awal pekan ini seiring investor menepis kekhawatiran kemenangan partai sayap kirim di Yunani. Sektor saham energi juga turut menopang kenaikan indeks saham.

Pada penutupan perdagangan saham Senin (Selasa pagi WIB), indeks saham Dow Jones naik tipis 6,1 poin ke level 17.678,7. Indeks saham S&P 500 menguat 5,27 poin atau 0,26 persen ke level 2.057,09. Penguatan indeks saham ini diikuti indeks saham Nasdaq bertambah 13,88 poin atau 0,29 persen ke level 4.771,76.

Partai sayap kiri Syriza menang mutlak dalam permilihan parlemen Yunani pada akhir pekan lalu. Kemenangan ini setelah menjanjikan akan mengakhiri langkah-langkah penghematan dan mengambil pemberi pinjaman internasional Yunani.

Sementara itu, Amerika Serikat (AS) telah membatasi kontak langsung dengan perekonomian relatif kecil seperti Yunani. Volatilitas terus berlangsung dapat mempengaruhi perusahaan multinasional.

"Ada banyak keraguan di pasar dengan apa yang terjadi dari hasil pemilihan umum Yunani. Pasar pun kelihatannya sudah mengantisipasi kemenangan Syriza," kata Robert Francello, Kepala Riset Apex Capital seperti dikutip dari laman Reuters, Selasa (27/1/2015).

Selain sentimen Yunani, kenaikan sektor saham energi juga memberi angin segar ke bursa saham. Hal itu seiring pernyataan dari Sekjen OPEC Abdulla al-Badri tentang harga minyak. Ia memproyeksikan, harga minyak akan sentuh level terendah, dan segera kembali naik.

Pernyataan itu mendorong saham energi melonjak. Saham Chevron naik 1,9 persen menjadi US$ 108,88. Saham Exxon Mobil naik 1 persen menjadi US$ 91,76. Saham ini mendorong kenaikan indeks saham S&P di sektor energi. Indeks saham itu naik 1,4 persen.

Adapun berita perusahaan yang mempengaruhi laju saham antara lain Rock Tenn Co dan MeadWestvaco Corp akan bergabung membentuk perusahaan kemasan senilai US$ 16 miliar. Pemegang saham MeadWestvaco akan memiliki saham mayoritas.

Saham Rock-Tenn melonjak 6,1 persen menjadi US$ 66,84. Sedangkan saham MeadWestvalo menguat 14 persen menjadi US$ 51,34. (Ahm/)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini