Sukses

Hari Ini, Presiden Resmikan Sejumlah Proyek Infrastruktur Sumut

Presiden akan melakukan teleconference tentang perkembangan pembangunan Jalan Tol Medan-Binjai, terutama pengerukan tanah dengan escavator.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (27/1/2015) ini dijadwalkan menggelar kunjungan kerja ke Sumatera Utara, guna melakukan pemancangan tiang pertama (groundbreaking) pembangunan proyek infrastruktur di daerah tersebut.

Melansir laman Sekretariat Kabinet (Setkab), setibanya di Lanud Soewondo, Medan, Presiden Jokowi akan langsung menuju Pelabuhan Kualatanjung, dan akan disambut Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho. Di lokasi ini, Presiden akan melakukan pemancangan tiang pembangunan  terminal serbaguna.

Di tempat ini, Presiden akan melakukan teleconference tentang perkembangan pembangunan Jalan Tol Medan-Binjai, terutama pengerukan tanah dengan escavator.

Proyek-proyek yang peletakan batu pertamanya akan dilakukan secara simbolis oleh Presiden Jokowi, dan merupakan proyek Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) itu adalah:

1. Terminal Multipurpose PT Pelindo I (Perseo), Kuala Tanjung;
2. Proyek Diversifikasi Produk dan Pengembangan Pabrik Peleburan Alumunium PT Inalum (Persero), Kuala Tanjung;
3. Pabrik Minyak Goreng PTPN III (Persero), Sei Mangkei;
4. Gardu Induk PLN, Sei Mangkei;
5. Jalan Tol Medan-Binjai, Jalan Binjai, Desa Megawati.

Pelabuhan Kualatanjung memiliki panjang dermaga 400 m, dengan panjang trestle 2,7 km, dan tangki timbun kapasitas 145.000 ton. Sedang kapasitas container yard kapasitas 400.000 TEUs.

Selanjutnya, Presiden Jokowi dan rombongan dijadwalkan akan langsung menuju ke Kabupaten Asahan, tepatnya di lokasi PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) untuk meletakkan batu pertama proyek-proyek infrastruktur di Kuala Tanjung dan di Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei, serta di Kabupaten Binjai, Sumatera Utara.

Presiden Jokowi juga dijadwalkan akan melanjutkan kunjungan kerjanya ke Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara. (Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini