Sukses

Mendag Beber Sebab Neraca Perdagangan RI Selalu Defisit

Mendag Rachmat Gobel membeberkan penyebab defisit neraca perdagangan yang masih dialami Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel membeberkan penyebab defisit neraca perdagangan yang masih dialami Indonesia.

Menurut dia, defisit ini disebabkan begitu mudahnya perizinan bagi barang-barang impor untuk masuk ke Indonesia.

"Defisit necara perdagangan karena kita terlalu mudah berikan izin," ujarnya saat membuka rapat kerja (raker) di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Selasa (27/1/2015).

Untuk mencegah defisit ini semakin meningkat, maka langkah yang bisa dilakukan yaitu dengan melindungi pasar dalam negeri.

"Kita wajib jaga pasar Indonesia, karena ini modal kita dan insentif bagi kita diantara negara ASEAN. Kita atur impor yang merugikan. Saya tidak menolak impor, tapi harus tahu produk yang bisa memberikan nilai tambah bagi negara, bukan hanya yang memuaskan masyarakat," jelas dia.

Menurut Rachmat, jika bisa melindungi pasar domestik dan mengembangkannya, maka kinerja ekspor juga akan secara otomatis terdorong.

"Kalau domestik kuat, ekspor pasti kuat. Ini karena tidak bisa lindungi pasar domestik makanya kita defisit," tandasnya.(Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini