Sukses

Mimpi Jonan Jika Mulus Pimpin Kemenhub Sampai 2019

PNBP ini menjadi cacatan Kemenhub mengingat seringnya laporan keuangan di sektor tersebut selalu ‎dinilai kurang.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan‎ mengaku memiliki beberapa harapan utama kepada Kementerian Perhubungan di masa kepemimpinannya. Salah satu yang ingin dia capai yaitu ‎meningkatkan Penerimaan Negara Bukan  Pajak (PNBP).

Dijelaskan Jonan di hadapan Komisi V DPR RI, target PNBP yang saat ini ditetapkan terlalu kecil. "Karena PT KAI saja selama saya menjadi Dirut, pendapatannya Rp 11 triliun, padahal Kementerian Perhubungan ini lebih besar dari KAI," tegas dia di Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Dia mengungkapkan target PNBP untuk tahun 2015 hanya sebesar Rp 10 triliun. Untuk itu, dirinya mengaku akan meningkatkan PNBP hingga tiga kali lipat.

"Mudah-mudahan Rp 20 triliun hingga Rp 30 triliun dalam satu tahun dapat tercapai jika saya ditugaskan lima tahun penuh," tegas dia.

PNBP ini menjadi cacatan Kemenhub mengingat seringnya laporan keuangan di sektor tersebut selalu ‎dinilai kurang ada pertanggung jawaban oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Untuk memperbaiki hal itu, Menhub Jonan mengaku akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di lingkungan Kemenhub dengan menciptakan iklim kerja yang transparan dan sehat. Salah satu hal yang dia lakukan akan melakukan mutasi para pegawai kemenhub setiap tiga tahun sekali‎. (Yas/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini