Sukses

100 Hari Jokowi Berkuasa, Ada 87 Perusahaan Berebut Investasi

Dari 87 perusahaan itu, kata Franky, sebanyak 46 perusahaan telah menyatakan komitmen untuk menanamkan modal di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Program Nawa Cita Presiden Joko Widodo (Jokowi) di berbagai sektor, seperti membangun pelabuhan, pembangkit listrik, jalan tol dan sebagainya menarik investasi sejumlah penanam modal. Puluhan perusahaan datang memburu investasi di Indonesia sejak Jokowi memimpin negeri ini.

Demikian disampaikan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Franky Sibarani saat Konferensi Pers Realisasi Investasi 2014 di kantornya, Jakarta, Rabu (28/1/2015).

"Sejak 20 Oktober 2014 sampai 23 Januari 2015 atau sejak pemerintahan baru memimpin, sudah ada 87 perusahaan yang melakukan komunikasi dengan BKPM," terang dia.

Dari 87 perusahaan itu, kata Franky, sebanyak 46 perusahaan telah menyatakan komitmen untuk menanamkan modal di Indonesia. Hal ini berkat forum-forum investasi yang agresif diselenggarakan BKPM, termasuk pendalaman kepada penanam modal.

"Sebanyak 46 perusahaan yang sudah berkomitmen itu bergerak di sektor kelistrikan 3 perusahaan, industri padat karya 5 perusahaan, industri hilirisasi 8 perusahaan, industri maritim 3 perusahaan, substitusi impor 12 perusahaan, infrastruktur 4 perusahaan dan lainnya," rincinya.

Dia menyebut, nilai investasi yang datang dari 46 perusahaan tersebut mencapai US$ 74 miliar. "Jadi ada perusahaan yang sudah sedang dalam perizinan, mencari lahan sampai pada tahap ingin konstruksi," tegas Franky. (Fik/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.