Sukses

Jaga Kualitas Jalan, Jonan Bakal Standarisasi Jembatan Timbang

Selama ini, diakui Jonan, masih banyak kendaraan-kendaraan yang mengangkut beban melebihi beban jalan raya yang sudah ditentukan.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan tengah memperbaiki kualitas dan peningkatan standarisasi jembatan timbang di jalan raya. Langkah tersebut dilakukan untuk menjaga kualitas jalan.

Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan menjelaskan, peningkatan standar jembatan timbang tersebut dilakukan untuk menjaga jalan raya tidak cepat rusak.

"Kami menawarkan kalau bisa pengelolaan atas standarisasi jembatan timbang itu ditentukan dan seragam secara nasional‎," kata Jonan di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Tak seragamnya patokan dan kualitas jembatan timbang tersebut karena pengelolaannya juga berbeda-beda. Menurut Jonan, ada yang dikelola langsung oleh Dinas Perhubungan, namun ada juga yang dikelola oleh Pemeritah Daerah.

Jonan menambahkan, upaya tersebut harus segera dilakukan mengingat ‎instansinya tidak mau dikatakan sebagai perusak jalan raya dikarenakan tidak bisa mengelola arus transportasi darat.

Selama ini, diakui Jonan, masih banyak kendaraan-kendaraan yang mengangkut beban melebihi beban jalan raya yang sudah ditentukan meski sudah ada jembatan timbang di setiap kota.

‎"Kalau jembatan timbangnya itu dikelola dengan sangat ketat maka, satu, bisa menghindari kecelakaan lebih besar, lalu kedua, meningkatkan ketahanan jalan supaya tidak banyak biaya perawatan," paparnya.

Rencananya, Kementerian Perhubungan akan mengambil alih semua jembatan timbang yang selama ini dikelola oleh Pemerintah Daerah untuk disamakan standarnya.

Setelah itu, pada awal tahun 2016 diharapkan pemberlakuan jembatan timbang dengan kualitas baru dapat dilakukan. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.