Sukses

Dubes Blake: Apel Makanan yang Lezat dan Aman

Blake mengatakan walau memastikan aman, masalah ini tetap ditangani dengan serius.

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Robert Blake angkat bicara mengenai pelarangan perdagangan dua jenis apel yang berasal dari negaranya yaitu Granny Smith dan Gala produksi Bidart Bros. Buah yang diproduksi di Bakersfield, California, Amerika Serikat ini diduga mengandung bakteri berbahaya.

Blake menyatakan, ia menghormati keputusan Indonesia. Meski demikian, Blake bersikeras menyebut apel asal negaranya tersebut aman untuk dikomsumsi "Yang ingin saya tekankan, sebagian besar apel dari Amerika Serikat itu aman dan tidak berpengaruh (bakteri)," sebut Blake di pusat kebudayaan AS @america, seperti ditulis Kamis (29/1/2015).

Lebih lanjut, Blake mengatakan walau memastikan aman, masalah ini tetap ditangani dengan serius. Hal ini karena masalah tersebut sangat terkait kesehatan publik.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerima Info alert pada 17 Januari 2014 yang berbunyi 'Recall of internationally distributed apples and commercially produced, prepackeged caramel apples from the USA due to contamination with Listeria Monocytogenes'.

Direktur Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen (SPK) Kementerian Perdagangan, Widodo menjelaskan, bila dikonsumsi, bakteri yang terkandung dalam apel tersebut dapat menyebabkan infeksi serius dan fatal pada bayi, anak-anak, orang sakit dan lanjut usia, serta orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

"Sedangkan pada orang sehat yang terinfeksi bakteri ini bisa menderita gejala jangka pendek seperti demam tinggi, sakit kepala parah, pegal, mual, sakit perut, dan diare. Infeksi Listeria juga dapat menyebabkan keguguran pada perempuan hamil," ujarnya di Kantor Kemendag, Jakarta Pusat, Senin 26 Januari 2015. (Andreas Gerry/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.