Sukses

Sektor Pertanian Jadi Jalan Keluar Bagi Masalah TKI

Banyaknya TKI disebabkan oleh minimnya pertumbuhan sektor industri dan juga sektor pertanian di dalam negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan banyaknya tenaga kerja Indonesia (TKI) yang mencari pekerjaan di negara lain disebab oleh minimnya pertumbuhan sektor industri dan juga sektor pertanian di dalam negeri.

Padahal menurutnya, jika kedua sektor tersebut dikembangkan dengan baik, lanjut JK, dapat menyerap tenaga kerja yang banyak di dalam negeri.

"Kenapa banyak TKW (Tenaga Kerja Wanita), karena pertanian dan industrinya kurang. Dalam 1 hektar (ha) pertanian bisa berikan pekerjaan maksimal 5 orang, 1 hektar industri serap 100 orang," ujarnya di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis (29/1/2015).

Oleh sebab itu, sektor pertanian dan industri menjadi sangat penting. Selain untuk memberikan lapangan pekerjaan, kedua sektor ini juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

"Makanya pertanian penting bagi ketahanan pangan, sedangkan industri untuk lapangan kerja dan produktifitas," lanjutnya.

Meski demikian, untuk menggairahkan kedua sektor ini dibutuhkan ketersediaan infrastruktur dan modal yang cukup. Hal tersebut yang tengah dibangun oleh pemerintah saat ini.

"Tapi keduanya butuh infrastruktur dan modal yang mendukung. Kita butuh sistem yang akan menjamin itu," tandasnya. (Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini