Sukses

50 Ribu Nelayan Pakai Elpiji, ESDM Ajukan Dana Rp 718 Miliar

Kementerian ESDM memprogramkan pencontohan konversi BBM ke BBG sebanyak 50 ribu paket.

Liputan6.com,Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mengusulkan anggaran Rp 718 miliar untuk menjalankan program konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas pada nelayan.

Seperti yang dikutip dari data asumsi makro Rancangan Anggran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2015, Kementerian ESDM memprogramkan pencontohan konversi BBM ke BBG sebanyak 50 ribu paket.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja mengatakan, program tersebut akan diterapkan tahun ini. 50 ribu paket tersebut berupak alat pengubah konsunsi bahan bakar (konverterkit) dan tabung gas elpiji ukuran 3 Kilo gram (Kg).

" Program konversi untuk nelayan Tahun ini 50 ribu unit," kata Wira, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Wira menambahkan, saat ini instansinya bersama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sedang mendataan wilayah, untuk menerapkan program yang bertujuan mengurangi konsumsi BBM tersebut.

" Sedang kita susun roadmap dengan KKP titiknya dimana dengan KKP, kita tentukan teknologinya, elpijinya," ungkap Wira.

Menurut Wira, saat ini sedang disusun peraturan untuk memayungi program tersebut. Pasalnya, saat ini elpiji bersubsidi 3 Kg hanya diperbolehkan untuk rumah tangga saja. (Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini