Sukses

Menteri Susi Sebut Kreativitas Nelayan Kebangetan

"Ikan asin supaya tidak diformalin jadinya disemprot Baygon. Ini kebangetan kreatifnya," kata Menteri Kelautan & Perikanan Susi Pudjiastuti.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti melontarkan sejumlah guyonan pada acara Refleksi 100 Hari Berkantor Bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Dia mengatakan, jika nelayan di Indonesia sangat kreatif. Sebagai contoh, banyak nelayan lobster mencoba untuk mengakali lobster patah kakinya. Pasalnya, lobster yang patah kaki harganya akan turun.

Cara yang dilakukan oleh nelayan itu adalah dengan dengan menjahit kaki lobster tersebut sehingga harga tidak turun. Namun, karena menjahit juga terlihat kecacatannya nelayan pakai akal lain.

"Ketahuan benang, dia ganti alteko, kreativitas bangsa itu luar biasa," paparnya di Jakarta, Jumat (30/1/2015).

Begitu juga, dengan pengawetan ikan asin. Mulanya, ada nelayan melakukan kecurangan dengan memakai formalin. Tapi, karena formalin juga tak baik mereka pakai akal lain.

"Ikan asin supaya tidak diformalin jadinya disemprot baygon. Ini kebangetan kreatifnya," kata Susi Pudjiastuti.

Oleh karena itu, dia meminta pegawai KKP saat ini yang bekerja turut mengawal para nelayan. Dia menegaskan, pegawai KKP adalah pelayan masyarakat untuk mengarahkan pada yang benar.

"Staf KKP harus jadi juru bicara KKP wajib jadi salesman dari policy kita dari rencana dan program kita," tandas dia. (Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini