Sukses

Soal Perikanan, Menteri Susi Ingin RI Seperti Australia

hasil perikanan Australia mencapai US$ 7 miliar setiap tahunnya.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti melemparkan pujian pada negara tetangga Austrilia. Pujian tersebut dilontarkan karena negara Kanguru tersebut mampu menjaga persediaan ikan di dalam negeri.

Susi menerangkan luas wilayah Australia hanya sepersepuluh Indonesia. Namun hasil perikanannya mencapai US$ 7 miliar per tahun.

"Mereka menjaga lautnya. Luar biasa sekali yang lautnya hanya sepersepuluh dari kita tetapi dalam setahun bisa capai US$ 7 miliar itu sekitar Rp 70 triliun," ujar dia, Jakarta, Jumat (30/1/2015).

Susi Pudjiastuti menjelaskan, pemeliharaan dan perlindungan pasokan ikan menjadi fokus pemerintah Australia. Menurutnya, pemeliharaan dan perlindungan perikanan Indonesia masih minim sehingga mesti ditingkatkan.

"Kita harus alokasikan penangkapan berapa persen. Misalnya sekarang konservasi 20 persen kita harus jadi 70 persen dalam 5 tahun ini," ujarnya.

Susi pun menegaskan, harusnya dengan wilayah yang lebih luas, Indonesia harus memiliki hasil yang lebih besar. Paling tidak, hasilnya sama dengan Australia. "Kita minimal  harus sama dengan Australia," tandasnya. (Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini