Sukses

Filipina, Saingan Utama RI Hadapi Pasar Bebas ASEAN

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sudah berada di depan mata. Dengan begitu, maka barang dan jasa akan hilir mudik di antara negara ASEAN.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sudah berada di depan mata. Dengan begitu, maka barang dan jasa akan hilir mudik di antara negara ASEAN.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, dalam perdagangan bebas tersebut, Filipina merupakan pesaing yang perlu dikhawatirkan.

Lantaran, dari segi sumber daya alam memiliki kemiripan. Namun, dari tenaga kerja diuntungkan karena memiliki kemampuan bahasa Inggris.

"Kalau Filipina mirip-mirip kita dan punya kelebihan bahasa Inggris," kata dia, Jakarta, Jumat (30/1/2015) malam.

Justru, Bambang melihat negara lain seperti Thailand, Malaysia dan Singapura bukan menjadi kendala Indonesia dalam persaingan MEA.

Dia mengatakan, ketiga negara tersebut memiliki level pendapatan yang hampir mirip. Sehingga, tak mungkin jika menjadi Indonesia sebagai pesaing.

"Malaysia, Thailand sama Singapura, mereka akan hitung-hitungan gaji," tutup dia. (Amd/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini