Sukses

Harga Minyak Turun, Pariwisata Dunia Dulang Untung

Pihak UNWTO mengumumkan, peningkatan 3 persen hingga 4 persen di sektor pariwisata dapat berkontribusi cukup besar pada perekonomian dunia.

Liputan6.com, New York - Penurunan harga minyak dipastikan dapat menurunkan biaya transportasi di berbagai negara dan mendorong pertumbuhan ekonomi global pada 2015 melalui sektor pariwisata. Organisasi Pariwisata dunia atau United Nations World Tourism Organisation (UNWTO) melaporkan, pertumbuhan sektor pariwisata internasional diprediksi sangat kuat terjadi di Amerika Serikat dan Asia Pasifik.

Mengutip laman The Dollar Business, Minggu (1/2/2015), menurut laporan UNWTO, jumlah turis internasional mencapai 1,13 miliar jiwa pada 2014. Angka tersebut menunjukkan peningkatan jumlah turis sebanyak 4,7 persen atau sekitar 50 juta turis pada 2013.

Pihak UNWTO mengumumkan, peningkatan 3 persen hingga 4 persen di sektor pariwisata dapat berkontribusi cukup besar pada perekonomian dunia di 2015.

Berbagai kawasan di dunia akan mengalami peningkatan di sektor pariwisata. UNWTO memprediksi, jumlah turis internasional kawasan Amerika dan Asia Pasifik akan meningkat sekitar empat hingga lima persen.

Sementara sektor pariwisata Eropa akan mengalami pertumbuhan sekitar tiga hingga empat persen. Afrika dan Timur Tengah juga akan mengalami peningkatan serupa masing-masing dua hingga lima persen.

"Penurunan harga minyak dapat mendorong pertumbuhan ekonomi global melalui sektor pariwisata dengan meningkatnya daya beli masyarakat dan tingginya permintaan dari negara-negara pengimpor minyak. Tapi ini juga akan berdampak negatif pada negara eksportir minyak yang terkenal sebagai pasar pariwisata yang kuat," tutur Sekretaris Jenderal UNWTO Taleb Rifai.

Pada 2014, warga Amerika mencatatkan pertumbuhan signifikan di sektor pariwisata sebanyak tujuh persen, sementara Asia Pasifik naik lima persen dan mencatatkan penguatan terbesar. Pertumbuhan sektor wisata itu juga diikuti Eropa dan Timur Tengah yang menguat sebesar empat persen.

Tak ketinggalan, Afrika juga mencatatkan penguatan di atas dua persen pada sektor wisata global. (Sis/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini