Sukses

Hasil Tes CPNS Belum Diumumkan Seluruhnya, Ini Kata Pemerintah

Kementerian PAN-RB menyebutkan sejumlah faktor yang membuat pihaknya belum merampungkan proses seleksi CPNS.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan dan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) menyatakan telah merampungkan proses seleksi CPNS. Namun begitu, masih terdapat beberapa kementerian/lembaga (K/L) yang belum mengumumkan hasil seleksi tersebut.

Menteri PAN RB, Yuddy Chrisnandi mengatakan, ada beberapa faktor yang menyebabkan beberapa belum mengumumkan hasil tersebut. Pertama, adanya klarifikasi terhadap peringkat mana yang lebih tinggi dari peserta seleksi CPNS.

"Alasan kedua peserta datang lebih banyak bukan dari putra daerah, misal Papua ternyata yang lulus bukan asli Papua, protes-protes, mereka tak berani umumkan, jadi gejolak, harusnya itu diumumkan," kata dia, Jakarta, Senin (2/2/2015).

Kemudian, masih ada beberapa pihak yang mengajukan adanya Tes Kompetensi Bidang (TKB). Padahal hal itu kerap kali dimanfaatkan untuk penyalahgunaan wewenang.

Tak sekadar itu, memang diakuinya ada persoalan teknis seperti tidak diumumkan karena beberapa pegawai ngambek lantaran kerabatnya tidak lulus. "Oknum demikian menghambat," ketusnya.

Namun demikian pihaknya menjamin tidak ada intervensi dalam seleksi tersebut. Lantaran, proses seksi langsung dipantau oleh Kementerian PAN RB.

Dia mengaku telah mengirimkan surat kepada K/L untuk segera mengumumkan hasil seleksi dengan tenggang paling lama Februari 2015.

"Kalau ada yang bayar kasih tahu saya, anak presiden saja nggak lulus," tandas dia.

Dari data Kementerian PAN RB per 30 Januari 2015 dari total 424 instansi, 333 sudah mengumumkan hasil seleksi CPNS. Sementara sisanya 91 instansi masih dalam proses. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.