Sukses

Indonesia Janji Bantu Malaysia Pimpin MEA

Indonesia berkomitmen untuk membantu memastikan kesuksesan Malaysia dalam memimpin MEA tahun ini.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Akhir tahun ini, perhatian Indonesia bersama sejumlah negara tetangga akan fokus pemberlakuan Asean Economic Community (AEC) atau Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Untuk itu, Indonesia berkomitmen untuk membantu memastikan kesuksesan Malaysia dalam memimpin MEA tahun ini.

Mengutip laman The Rakyat Post, Senin (2/2/2015), komitmen tersebut diungkapkan Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Herman Prayitno yang mengatakan, itu merupakan upaya untuk membuat negara-negara ASEAN semakin dekat khususnya di bidang bisnis dan perdagangan.

Dia menjelaskan, saat ini aspek konektivitas harus memerima perhatian lebih besar jadi pembangunan MEA akan bermanfaat secara ekonomi bagi 625 juta masyarakatnya.

"Kami akan memastikan kesuksesan Malaysia dalam memimpin ASEAN pada 2015. Kami akan berpartisipasi secara aktif dan mendukung agenda kerja yang diusung Malaysia," ungkapnya di Kuala Lumpur.

Saat ini, Indonesia tengah menanti permintaan dari Malaysia dan akan membantu sekuat tenaga mewujudkannya. Malaysia mengambil alih peran Myanmar sebagai pimpinan ASEAN di waktu kritis saat MEA harus terbentuk akhir 2015.

Salah satu dari delapan prioritas yang diajukan Malaysia untuk ASEAN tahun ini adalah mendekatkan masyarakat antar regional. Prioritas lainnya adalah meningkatkan perdagangan dan investasi antar negara.

Herman mengatakan, akan lebih mudah membangun ekonomi di kawasan ASEAN jika hubungan antar negara tercatat baik.

"Semoga Indonesia dan Malaysia dapat memegang peranan besar. Kami juga mengirim sejumlah misi perdamaian di beberapa zona konflik, dan Indonesia juga berharap semua persoalan dapat selesai melalui jalur diplomasi," tandasnya. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini