Sukses

Harga Minyak Naik Beri Angin Segar ke Bursa Saham Asia

Bursa saham Asia bergerak menguat didorong sentimen harga minyak naik pada perdagangan saham Selasa pekan ini.

Liputan6.com, Tokyo - Bursa saham Asia bergerak menguat didorong sentimen harga minyak yang naik sehingga mendorong saham produsen energi. Tak hanya itu, sentimen itu juga mengangkat mata uang Malaysia Ringgit.

Indeks MSCI Asia Pacific menguat 0,1 persen pada pukul 09.25 waktu Tokyo dibantu sektor saham energi dan produsen bahan. Indeks saham Jepang Topix mendaki 0,3 persen. Diikuti indeks saham Jepang Nikkei dibuka naik 0,6 persen ke level 17.654 di awal perdagangan.

Indeks saham Australia menanjak 0,5 persen ke level 5.654,70. Penguatan indeks saham ini ditopang dari sentimen harga minyak dunia menguat. Harga minyak dunia naik 1,1 persen menjadi US$ 50,10 per barel.

Harga minyak kembali menguat didorong spekulasi beberapa investor menutup taruhan atas penurunan pengeboran minyak karena menutup rig. "Ada rasa aman bagi investor seiring kenaikan harga minyak. Kenaikan harga telah membantu menurunkan keraguan terhadap perlambatan ekonomi global dan meredakan kekhawatiran atas risiko downgrade dan gagal bayar untuk negara dan perusahaan," ujar Toshihiko Matsuno, Chief Strategist SMBC Friend Securities Co seperti dikutip dari laman Bloomberg, Selasa (3/2/2015).

Selain harga minyak, ada sejumlah kebijakan ekonomi yang dinanti pada hari ini antara lain pertemuan bank sentral Australia yang akan memutuskan suku bunga acuan. (Ahm/)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini