Sukses

Listrik Jakarta Terancam Padam, PLN Minta Masyarakat Hemat

PLN meminta masyarakat menghemat penggunaan listrik untuk mengantisipasi pemadaman lantaran sedang terjadi gangguan.

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang meminta masyarakat menghemat penggunaan listrik untuk mengantisipasi pemadaman lantaran saat ini sedang terjadi gangguan.

Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang,  Mambang Hertadi mengatakan, saat ini PLN sedang memperbaiki gangguan. Untuk  mengurangi dampak wilayah padam telah dilakukan pengalihan beban pada jaringan 20 kV.

Namun, jika pengalihan beban tersebut tidak mumpuni, maka sebagian wilayah Jakarta akan padam selama 3 jam. "Apabila proses pengalihan beban tidak cukup untuk mengurangi wilayah padam, maka akan ada sebagian wilayah Jakarta yang berpotensi terkena pemutusan aliran listrik sementara selama 3 jam bergantian," kata Mambang, di Jakarta, Rabu (4/2/2015).

Agar pengalihan beban tersebut cukup, PLN mengharap partisipasi masyarakat untuk menghemat pemakaian listrik dengan mematikan peralatan listrik yang tidak diperlukan.

"Dan bagi pelanggan yang memiliki genset, dimohon untuk mengaktifkannya," tutur Mambang.

Mambang mengungkapkan, gangguan tersebut karena kerusakan Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) 150 kV penghantar Gardu Induk Plumpang dan Gardu Induk Gambir Baru dengan daya 120 MW.  Akibat pengeboran horizontal dari Perusahaan Air Minum (PAM) tanpa koordinasi dengan PLN terlebih dahulu.

"Pengeboran tersebut menimbulkan bocornya minyak pendingin yang sekaligus berfungsi sebagai pelindung kabel (isolasi)," kata Mumbang. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.