Sukses

Buka Cabang Bank DKI, Ahok Terbang ke Balikpapan Jumat

Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk meningkatkan status Bank DKI menjadi Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) III.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama Ahok direncanakan berangkat ke Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Jumat (6/2/2014). Lawatannya kali ini dimaksudkan untuk membuka cabang baru Bank DKI di Balikpapan.

"Ya kita akan targetnya itu ada tujuh kota besar yang mau buka cabang," ujar Ahok di Balaikota, Kamis (5/2/2015).

Ahok menjelaskan, kepergiannya itu tentu tak hanya untuk membuka cabang baru. Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk meningkatkan status Bank DKI menjadi Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) III.

"Nah ini untuk persiapanlah kita tes dulu beberapa sebagai pengalaman kota besar, sebelum kita naik ke BUKU III atau BUKU IV. Makanya kita uji coba dulu. Bandung saya sudah pernah pergikan," ungkap Ahok.

Pembukaan cabang baru di Balikpapan ini memang bukan tanpa kendala. Untuk naik ke BUKU III, sebuah bank harus mengajukan dana sebesar Rp 1,5 triliun. Sedangkan, Bank DKI hanya memiliki Rp 500 miliar melalui Penyertaan Modal Pemerintah (PMP).

Di sisi lain, untuk mencapai BUKU dibutuhkan dana sebesar Rp 5 triliun. Bank DKI kini hanya memiliki Rp 3,5 triliun. Untuk tetap menjalankan program ekspansi itu, Ahok akan menahan deviden. (Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.