Sukses

Kepala Bappenas Yakin BUMN Infrastruktur Bakal Raih Kucuran Modal

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Andrinof Chaniago yakin penyertaan modal negara untuk BUMN infrastruktur bakal disetujui DPR.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Andrinof Chaniago optimistis Penyertaan Modal Negara (PMN) untuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang infrastruktur akan disetujui DPR.  

Keyakinan ini menyusul putusan Panja Badan Anggaran (Banggar) DPR yang telah memangkas PMN dari Rp 48 triliun menjadi Rp 39,9 triliun dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2015.  Suntikan modal untuk tiga perusahaan pelat merah pun dibatalkan dan PMN dua BUMN dipotong separuhnya.

"Kalau untuk BUMN yang membangun infrastruktur tidak ditolak. Saya yakin sebagian besar disetujui kalau yang benar-benar membangun infrastruktur," ujar Andrinof saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (6/2/2015).

Dia mengaku, penambahan PMN pada 35 BUMN bertujuan bukan untuk menyehatkan perusahaan tersebut, terutama BUMN infrastruktur. Lantaran pembangunan infrastruktur oleh perusahaan pelat merah ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Pokoknya PMN untuk meningkatkan peran BUMN membangun infrastruktur, bukan menyehatkan PMN. Jadi kami yakin DPR setuju," tutur Andrinof. (Fik/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.