Sukses

44 SPB Vi-Gas Beroperasi Tahun Ini

Saat ini Pertamina telah mengoperasikan SPB Vi-Gas yang terintegrasi dengan SPBU milik Pertamina dan swasta.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) menargetkan pengoperasian 44 stasiun pengisian bahan bakar (SPB) Liquefied Gas for Vehicle (LGV) yang dikenal dengan merek Vi-Gas.

Vice President Domestic Gas Direktorat Pemasaran Pertamina Basuki Trikora Putra mengatakan, saat ini Pertamina telah mengoperasikan SPB Vi-Gas yang terintegrasi dengan SPBU milik Pertamina dan swasta.

SPB Vi-Gas tersebut berlokasi di tempat yang berbeda-beda, antara lain di Jabodetabek 11 unit, 3 unit di Bali, 1 masing-masing di Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.

"Selain itu, terdapat 8 Unit SPB Vigas di Jabodetabek dalam proses revitalisasi dan commisioning yang dapat dioperasikan tahun ini," kata Trikora di kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Jumat (6/2/2015).

Untuk menyukseskan program pemerintah dalam konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG), Pertamina juga akan menambah fasilitas pengisian Vi-Gas pada 18 SPBU.

"Lokasi tersebut 14 unit di Jawa bagian Barat, 2 di Jawa Tengah dan 2 unit di Jawa Timur," paparnya.

Vi-Gas merupakan bahan bakar gas yang diformulasikan untuk kendaraan bermotor yang terdiri dari campuran Propane (C3) dan Butane (C4) dengan spesifikasi yang telah disesuaikan untuk keperluan mesin kendaraan bermotor.

"Jadi ini salah satu alternatif bahan bakar dari Pertamina kita jual ke kendaraan untuk sektor transportasi, ini kerangka disertifikasi program langit biru," pungkasnya. (Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini