Sukses

Pemancangan Tiang Pertama Tol Ciawi-Sukabumi Dilakukan Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan MNC Group, yang merupakan induk usaha dari PT Trans Jabar Tol hari ini menggelar peresmian pemancangan tiang pertama(groundbreaking) pembangunan ruas tol Ciawi-Sukabumi seksi I yaitu Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 kilometer (km).

Kepala Badan Penguturan Jalan Tol Kementerian PUPR Achmad Ghany Gazaly mengatakan pelaksanaan konstruksi ruas tol ini dilakukan karena sebagian besar proses pembebasan lahan telah rampung.

"Untuk seksi selanjutnya akan menggunakan proses pembebasan lahan yang dilakukan di Direktorat Jenderal Bina Marga," ujarnya di Ciawi, Jawa Barat, Senin (9/2/2015).

Rencana jalan tol Ciawi-Sukabumi merupakan kelanjutan dari jalan tol Jagorawi yang telah ada saat ini, di mana dalam rencana induk jaringan jalan tol Non-Trans Jawa, jalan tol Ciawi-Sukabumi merupakan bagian dari rencana program jangka pendek dan akan menjadi salah satu tol penghubung antara Jakarta-Sukabumi yang strategis bagi pengembangan wilayah Jawa Barat bagian selatan.

Pengerjaan tol Ciawi-Sukabumi seksi I akan dilakukan oleh kontraktor PT Waskita Karya dan kontraktor asal Korea. Nilai investasi ruas tol Ciawi-Sukabumi seksi I ini mencapai Rp 2,9 triliun dan nilai konstruksi sebesar Rp 2,2 triliun.

Saat ini, luas lahan yang telah dibebaskan mencapai 141,1 hektar (ha) atau sekitar 89 persen. Sedangkan sisanya seluas 17,4 ha atau 11 persen belum dibebaskan. Pembangunan seksi I tol tersebut ditargetkan selesai dalam jangka waktu 2 tahun.

"Tol ini diharapkan bisa memperlancar arus lalu lintas menuju Sukabumi yang bisa diakses oleh masyarakat," tandasnya. (Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini