Sukses

PLN Tetap Aliri Listrik ke Pompa Air & Fasilitas Umum Saat Banjir

PLN Disjaya tidak akan memutus aliran listrik untuk pompa air agar tetap beroperasi saat banjir.

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tanggerang (Disjaya) menyatakan tidak akan memutus aliran listrik untuk pompa air agar tetap beroperasi saat banjir.

Manajer Bidang Komunikasi Hukum dan Administrasi PLN Disjaya Koesdianto mengungkapkan, PLN Disjaya telah memadamkan aliran listrik pada 524 gardu distribusi hingga pukul 14.00 WIB.

Namun, ada beberapa prioritas tidak padam termasuk rumah sakit, kantor-kantor pemerintahan, utilitas pelayanan umum, dan rumah pompa yang berfungsi sebagai pengendali banjir di wilayah DKI Jakarta.

"Terdapat 38 pompa air di wilayah Jakarta yang dipantau oleh PLN dan diupayakan semaksimal mungkin agar rumah-rumah pompa tersebut tetap dialiri listrik PLN," kata Koesdiono, di Jakarta, Selasa (10/2/2015).

Menurutnya, jika daerah sekitar lokasi waduk dan rumah pompa padam akibat banjir, PLN berupaya melakukan pengalihan beban dan mengisolasi jaringan yang memasok gardu yang terendam sehingga pasokan listrik untuk rumah pompa tetap terjaga.

Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah pasokan listrik untuk pompa banjir ini antara lain :

1. Pemda memasang genset sebagai cadangan untuk ditempatkan di pompa-pompa yang strategis

2. Meminta Pemda mengizinkan PLN memasang jaringan udara yang dipasang di tiang-tiang dari lokasi-lokasi yang bebas banjir sebagai cadangan suplai khusus ke pompa-pompa strategis tersebut, apabila terjadi bencana yang lebih besar.


(Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.