Sukses

Angkasa Pura II Bakal Terbitkan Obligasi Rp 6 Triliun

Untuk mendukung upaya pengembangan bandara yang dikelolanya, PT Angkasa Pura (AP) II akan menerbitkan surat utang atau obligasi Rp 6 triliun

Liputan6.com, Jakarta Untuk mendukung upaya pengembangan bandara yang dikelolanya, PT Angkasa Pura (AP) II akan menerbitkan surat utang atau obligasi dengan nilai mencapai Rp 6 triliun.

Direktur Utama AP II Budi Karya Sumadi mengatakan obligasi ini rencananya akan terbagi dalam dua tahap. Untuk tahap pertama, akan diterbitkan pada sekitar September atau Oktober 2015 sebesar Rp 2 triliun.

"Obligasi sebesar Rp 2 triliun rencananya pada September atau Oktober, sebelumnya kita telah menerbitkan MTN (medium term note), setelah memperoleh debt baru kita terbitkan obligasi," ujarnya dalam konferensi persi di Jakarta, Selasa (10/2/2015).

Sementara sementara untuk tahap kedua, akan dilakukan pada tahun depan dengan menerbitkan obligasi antara Rp 3 triliun hingga Rp 4 triliun. Sehingga secara total, obligasi yang diterbitkan oleh perseroan mencapai Rp 6 triliun.

"Pinjaman obligasi dengan tenor selama 5-7 tahun. Advisor-nya akan ditunjuk dalam 2 bulan kedepan," lanjut dia.

Rencananya, dana yang terkumpul dari obligasi tersebut sebagian besar diperuntukan bagi pengembangan dua bandara yang dikelola oleh AP II yaitu Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Sultan Thaha.

"Untuk dana pengembangan Bandara Soekarno sekitar Rp 4 triliun, selain itu untuk pengembangan bandara Jambi," tandasnya. (Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PT Angkasa Pura II atau AP II adalah badan usaha milik negara yang bergerak di bidang pengelolaan dan pengusahaan bandar udara di Indonesia.

    Angkasa Pura II

  • Obligasi adalah surat pinjaman dengan bunga tertentu dari pemerintah yang dapat diperjualbelikan.

    obligasi

  • AP II