Sukses

AP II Manjakan Penumpang di Bandara Soetta dengan Monorel

Moda transpotasi yang menyerupai monorel ini telah terlebih dahulu dikembangkan di Bandara Changi, Singapura.

Liputan6.com, Jakarta - Sejalan dengan pengembangan Bandara Soekarno-Hatta yang saat ini tengah merampungkan proses pembangunan Terminal 3 dan Kereta Api (KA) bandara, PT Angkasa Pura (AP) II juga akan menambah moda transportasi di dalam bandara internasional tersebut.

Direktur Operasional AP II Djoko Murdjamod mengatakan, moda transportasi yang akan dikembangkan tersebut yaitu Automated People Mover System. Moda transpotasi yang menyerupai monorel ini telah terlebih dahulu dikembangkan di Bandara Changi, Singapura.

"Ketika nanti ada KA dari Jakarta ke Batu Ceper (Soetta), dari sana akan dibangun Automated Peopel Mover seperti di Singapura. Nanti akan nyambung ke terminal 3, terminal 2 dan terminal 1," ujarnya di Jakarta, Selasa (10/2/2015).

Dengan adanya Automated Peopel Mover, lanjut Djoko, nantinya para penumpang yang akan menggunakan jasa KA bandara tidak perlu lagi menggunakan ojek atau taksi dari dan menuju stasiun KA.

"Jadi tidak ada lagi penumpang yang turun di stasiun kemudian naik ojek atau mobil kecil," lanjutnya.

Selain itu, AP II saat ini tengah mengejar target penyelesaian KA bandara. Nantinya kereta tersebut akan bergerak dari Stasiun Manggarai menuju beberapa stasiun seperti Stasiun Sudirman, Stasiun Duri, ke arah Tangerang. Setelah Stasiun Batuceper, KA tersebut akan berbelok ke kanan untuk memasuki kawasan bandara.

Proyek ini ditargetkan selesai dan mulai dioperasikan pada April 2016 bersamaan dengan pengoperasian terminal 3 Bandara Soetta.

"Jadi selain pembangun terminal 3, juga ada pembangunan stasiun yang sedang dilakukan. Dan Automated People Mover ini diharapkan dapat selesai bersaman dengan jaringan rel dan pengoperasian terminal 3," tandasnya. (Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini