Sukses

Hore! Harga BBM Bakal Turun Lagi per 15 Februari

Kebijakan tersebut diambil karena harga rata-rata minyak dunia masih rendah.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah mengatakan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar bakal turun pada 15 Februari ini. Kebijakan tersebut diambil karena harga rata-rata minyak dunia masih rendah walaupun dua hari menjelang pengumuman kebijakan BBM, harga minyak dunia rebound ke level US$ 51 per barel.

Ketua Tim Ahli Wakil Presiden (Wapres), Sofjan Wanandi mengungkapkan, penguatan harga minyak dunia hanya bersifat sementara karena pengaruh kondisi politik di Yunani dan Timur Tengah yang belum selesai. Konflik politik tersebut kian memanas sehingga memicu kenaikan harga minyak dunia.

"Tapi trennya saya pikir begini saja (turun). Naik turunnya harga minyak dunia tidak akan banyak. Volatilitas tinggi karena politik bukan suplai dan demand (permintaan)," papar dia usai acara 'Jakarta Food Security Summit' di Jakarta, Jumat (13/2/2015).

Sofjan menegaskan, harga BBM premium dan solar akan mengalami penurunan kembali pada 15 Februari ini. Namun pemerintah mengaku masih menghitung berapa besar penurunan harga jual BBM.

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan, harga jual solar akan merosot menjadi Rp 6.200 per liter dari Rp 6.400 per liter.

"Harga jual BBM 15 Februari ini akan berubah lagi, ya turun. Tapi kita masih menghitungnya, jadi rebound harga minyak dunia tidak akan mempengaruhi untuk bulan ini. Mungkin saja harganya segitu (Rp 6.200) tapi ESDM belum melapor ke kami, " tukas Sofjan. (Fik/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.