Sukses

Bisa Atasi Banjir Jakarta, Kontruksi 2 Waduk Ini Malah Mandek

Meski telah berjalan selama 2 tahun, namun pembangunan waduk skala kecil di Ciawi dan Sukamahi, Bogor, Jawa Barat masih jalan di tempat.

Liputan6.com, Jakarta - Meski telah berjalan selama 2 tahun, namun pembangunan waduk skala kecil di Ciawi dan Sukamahi, Bogor, Jawa Barat masih belum menunjukan perkembangan berarti. Pada kedua waduk ini diharapkan bisa membantu memecahkan permasalahan banjir di Jakarta.


Direktur Jenderal sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mudjiadi mengatakan, saat ini proses pembangunan proyek tersebut tengah menunggu keluarnya sertifikat desain waduk dari Komisi Keamanan Bendungan.

"Kita sedang mengurus sertifikat desain dari Komisi Keamanan Bendungan. Kalau itu sudah dapat baru akan tender. Diharapkan September kami sudah dapat sertifikatnya," ujarnya di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (13/2/2015).

Dia menjelaskan, untuk Waduk Ciawi rencananya memiliki kapasitas penampungan air sekitar 6,45 juta meter kubik. Sedangkan Waduk Sukamahi sekitar 1,7 juta meter kubik.

"Anggarannya itu sebesar Rp 1,2 triliun untuk Ciawi. Kalau Sukamahi Rp 900 miliar. Ini yang akan dilelang tahun depan, mudah-mudahan," lanjut dia.

Namun sambil menunggu sertifikat desain, proses pembangunan akses jalan ke waduk tersebut tengah dilaksanakan.

"Ciawai dan Sukamahi ini sudah bikin akses masuknya. Jadi akses road-nya diharapkan tahun ini selesai. Pada 2015,  pembebasan lahan menggunakan anggaran APBN dengan adanya UU pembebasan lahan," tandas dia. (Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.