Sukses

Rilis Inflasi Indonesia Tercepat di Dunia

BPS biasanya merilis besaran inflasi setiap tanggal 1 setiap bulannya. Sementara negara lain baru di pertengahan bulan.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin menyebutkan selama ini Indonesia menjadi negara yang merilis besaran inflasi tercepat di dunia.

BPS biasanya merilis besaran inflasi setiap tanggal 1 setiap bulannya. Sementara negara lain baru di pertengahan bulan.

"Inflasi yang dirilis tercepat di dunia. Biasanya tanggal 20-an. Ini karena BPS juga hebat, sebagai responden juga bagus," jelas dia di kantornya, Senin (16/2/2015).
 
Dia menuturkan selama ini ada 82 kota ihk yang diamati BPS. Kemudian responden lain seperti pedagang. Sedangkan untuk komoditi secara total ada 870 yang masuk pengamatan BPS dalam survei soal inflasi tersebut.
 
"Sehingga akan mempercepat pemasukan data. Kalau negara lain timeline setengah bulan baru rilis inflasi,"lanjut dia.
 
Di sisi lain, pemerintah akan mengubah sistem pelaporan ekspor dan impor dari awal bulan menjadi pertengahan bulan.

Ini seiring upaya pemerintah melalui BPS yang dengan cepat mengumpulkan data. "Rilis eksim akan dilakukan pertengahan bulan karena sudah melakukan berbagai upaya pemasukan BC elektronik dan non elektronik," jelas dia.(Fik/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Inflasi adalah kemerosotan nilai uang (kertas).

    inflasi

  • BPS atau Badan Pusat Statistik adalah Lembaga Pemerintah Nonkementerian yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden.

    BPS

Video Terkini