Sukses

Jadwal Kereta Api Jarak Jauh Bakal Berubah per 1 April

PT Kereta Api Indonesia mengubah jadwal kereta api untuk menyesuaikan perkembangan bisnis perseroan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan memberlakukan jadwal keberangkatan baru untuk perjalanan kereta api jarak jauh mulai 1 April 2015.

Kepala Humas KAI, Agus Komarudin mengungkapkan perubahan ini dilakukan sesuai dengan ‎Grafik Perjalanan Kereta Api (GPK) baru 2015.

"Jadwal kereta api akan berubah per 1 April 2015," kata dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (17/2/2015).

Ini merupakan hal yang rutin dilakukan oleh PT KAI sebagai operator kereta api setiap tahunnya untuk menyesuaikan perkembangan bisnis PT KAI (Persero).

Adapun GPK tersebut telah melalui persetujuan dari Kementerian Perhubungan sebagai regulator dari pemerintah. Dalam GPK 2015 ini, selain seluruh perjalanan KA jarak jauh akan disesuaikan kembali, juga ada beberapa kereta reguler baru yang dioperasikan.  Kereta-kereta baru jarak jauh tersebut  di antaranya‎ KA Jaka Tingir tujuan Jakarta-Solo PP dan KA Jaya Baya jurusan Jakarta-Surabaya-Malang PP.

"‎Iya betul awalnya KA baru itu adalah KA fakultatif terus di jadikan KA reguler," tegas Agus.

Pengoperasian rangkaian baru ini semata-mata untuk meningkatkan pelayanan KA dengan menggunakan gerbong baru dan mengimbangi peningkatan penumpang KA jarak jauh‎ setiap tahunnya. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini