Sukses

Pemerintah Berencana Merger Bank Syariah

Saat ini sudah ada tim khusus untuk membahas merger bank BUMN syariah tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) saat ini sedang mengkaji penggabungan (merger) bank syariah yang menjadi anak usaha bank-bank BUMN.

Kepala Bidang Komunikasi Publik Kementerian BUMN, Teddy Poernama mengungkapkan untuk mengkaji hal itu, saat ini sudah ada tim khusus.

"Proses saat ini telah dibentuk tim untuk mengkaji kelayakan rencana  konsolidasi anak perusahaab bank syariah tersebut antara lain untuk melihat pro dan kontra dari rencana korporasi dimaksud‎," kata dia di Jakarta, Rabu (18/2/2015).

Penggabungan bank-bank syariah ini merupakan salah satu langkah organik yang ditempuh Kementerian BUMN untuk mengembangkan industri perbankan syariah di Indonesia.

Teddy menjelaskan dengan tingkat jumlah penduduk yang mencapai 250 juta jiwa yang mayoritas muslim, penetrasi industri perbankan syariah hingga saat ini masih sangat kecil.
‎

"Perkembangan ekonomi syariah sangat lambat terlihat bank syariah penetrasinya dari sisi asset  hanya sekitar 4% dibandingkan bank konvensional‎," tegasnya.

Untuk meningkatkan penetrasi perbankan syariah Teddy juga menjelaskan secara bersamaan akan memperbaiki susunan pengawasannya dari segi regulasi.

Kementerian BUMN dalam hal ini terus berkonsultasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam melakukan kajian tersebut mengingat OJK adalah salah satu regulasi lembaga perbankan di Indonesia.‎ (Yas/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.