Sukses

Sebelum Jadi Miliarder, Pria Ini Pernah Ditolak 30 Perusahaan

Pendiri dan CEO Alibaba Group, Jack Ma adalah miliarder terkaya di Asia yang tercatat cetak harta paling banyak di dunia pada tahun lalu.

Liputan6.com, New York - Pendiri dan CEO Alibaba Group, Jack Ma dinobatkan sebagai miliarder terkaya di Asia setelah sebelumnya menjadi orang terkaya di China. Bahkan menurut laporan perusahaan konsultasi kekayaan global Wealth-X, Ma merupakan miliarder dengan penambahan harta terbanyak di dunia sepanjang 2014.

Kekayaan Jack Ma bertambah sebesar US$ 18,5 miliar menjadi US$ 29,2 miliar hanya dalam kurun waktu satu tahun saja. Berkat IPO Alibaba yang gemilang pada September, Ma menambah kekayaannya hingga 173 persen sepanjang 2014.

Bahkan kekayaan Ma bertambah jauh lebih banyak dari investor legendaris Warren Buffett dan Miliarder terkaya di dunia, Bill Gates. Tapi siapa sangka, sebelum menjadi  terkaya di Asia, Ma pernah mengalami penolakan saat melamar kerja.

Dilansir dari laman businessinsider, Jumat (20/2/2015), dalam sebuah wawancara, pebisnis ini mengaku pernah gagal tes masuk universitas tiga kali. Begitu lulus kuliah, ia melamar ke 30 perusahaan dan semua menolaknya.

"Saya mencoba kerja di kantor polisi; mereka bilang, 'kamu tidak bisa'. Saya bahkan melamar ke KFC. Ada 24 orang pelamar. 23 diterima. Saya satu-satunya yang ditolak," kata Ma.

Kebanyakan orang akan merasa begitu kecil hati jika mengalami hal yang sama. Tidak dengan Ma. Ia mendirikan Alibaba pada tahun 1998. Namun lagi-lagi kesulitan melandanya. Selama tiga tahun produk ciptaannya itu tidak berhasil mencetak keuntungan.

Ma dituntut untuk jadi lebih kreatif. Salah satu tantangan dari perusahaannya itu adalah tidak adanya bank yang mau mengucurkan uang untuk mendanai bisnisnya.

Ia pun memulai program pembayaran baru yang disebut Alipay. Program tersebut bisa mentransfer pembayaran dari berbagai mata uang dan berguna dalam membantu pembeli dan penjual dari negara yang berbeda.

"Saat orang-orang mendengar tentang Alipay, mereka berkomentar 'ini ide paling bodoh yang pernah saya dengar'. Saya sendiri tidak peduli, yang penting orang-orang bisa menggunakannya," ceritanya.

Hasilnya, pada hari ini ada 800 juta orang yang menggunakan Alipay.

>> Klik selanjutnya Tips Sukses Jack Ma

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Ingin meniru kehebatan bisnis Ma? Berikut lima kunci sukses Jack Ma yang bisa ditiru semua orang:

1. Berpikir jauh ke depan

Jack Ma yakin bahwa atasan yang baik harus mampu berpikir ke depan. Dia harus selalu berada di depan para pesaingnya dan memikirkan pengaruh keputusan bisnisnya pada banyak orang.

Berpikir dapat mengembangkan kreativitas dan kemampuan pribadi dalam menjalankan posisi sebagai atasan.

2. Gigih

Selain memiliki visi yang jelas, menjadi pebisnis menurut Ma harus gigih dan tangguh. Mengetahui apa yang ingin dicapai dan mengejar kesuksesan merupakan salah satu kunci kehebatan bisnis Ma.

Ini akan menginspirasi Anda untuk bekerja keras.


3. Tak takut gagal

Ma tak pernah takut gagal. Baginya, Anda gagal jika tak mau mencoba lagi untuk bangun saat terjatuh membangun bisnis.

Bagi Ma, kunci kesuksesan adalah bertahan dan belajar dari kegagalan. Orang sukses hanyalah mereka yang mampu belajar dari seluruh kesusahan dan hambatan bisnisnya.

4. Mencintai hidup

"Saya selalu membisikkan hidup saya bahwa kita lahir bukan untuk bekerja tapi untuk menikmati hidup," ujar Ma.

Itu yang membuatnya selalu bersemangat menjalani hidup dalam berkarir ataupun pribadi. Pernyataan tersebut tertanam dalam hati Ma dan terpancar dari gaya hidupnya.

Menurutnya, hidup berarti menikmati dunia dan membantu orang lain. Jika uang adalah tujuan Anda, maka ubah pikiran tersebut.

5. Jangan mencari musuh

Salah satu aspek paling unik dari filosofi bisnis Ma adalah gagasan menciptakan kompetisi yang ramah. Ma tidak melihat pesaing bisnisnya sebagai musuh tapi sebagai teman di mana dia bisa belajar dan menantangnya mengeluarkan potensi terbaik. (Indy/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini