Sukses

Anak Usaha Pertagas Dapat Pasokan LNG Tangguh untuk Kilang Arun

Kapal kargo milik PT Perta Arun Gas diharapkan dapat membantu Aceh untuk menyediakan pasokan energi.

Liputan6.com, Jakarta - PT Perta Arun Gas (PAG) anak usaha dari PT Pertamina Gas (Pertagas) bakal segera mengelola regasifikasi. Hal itu ditandai dengan kedatangan satu kapal (kargo) di wilayah unit regasifikasi kompleks kilang LNG (gas alam cair) PT Arun, Lhokseumawe, Aceh.

Kapal bermuatan 119 ribu meter kubik ini merupakan kapal gas alam cair perdana yang bersandar untuk PAG. Muatan gas alam cair itu dibawa dari sumber gas di kawasan Tangguh, Papua.

Pantauan Liputan6.com, kapal terlihat mulai menyandarkan pada pukul 8.10 WIB. Kapal benar-benar merapat pada pukul 10.00 WIB.

Presiden Direktur PT Perta Arun Gas (PAG), Teuku Khaidir mengatakan, kargo pertama ini diharapkan nantinya PAG akan menjadi salah satu motor perusahaan regasifikasi di tanah air.

"Kami sekali lagi terimakasih atas partisipasinya, dalam menyiapkan sesuatu sehingga first cargo terlaksana dengan tepat. Ini tonggak regasifikasi Indonesia," kata Teuku di Lhokseumawe, Aceh, Kamis (19/2/2015).

Lebih lanjut dia mengatakan, kapal gas alam cair tersebut untuk merevitalisasi kilang yang sudah ada sebelumnya dari PT Arun. Kini PT Arun tak lagi beroperasi karena menurunnya produksi gas alam. "Kehadiran kargo  ini untuk revitalisasi kilang PT Arun," ujar Teuku.

Dia berharap, kapal kargo membantu  Aceh untuk menyediakan pasokan energi. "Kami ingin kawasan industri di Aceh berkembang. Kami harus cepet, gas-gas impor Tangguh bisa dimanfaatkan," kata Teuku. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini