Sukses

Ada 3 Pesawat Lion Air yang Ternyata Bermasalah

Untuk memperbaiki pesawat-pesawat yang bermasalah tersebut masih membutuhkan waktu.

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan penumpang maskapai Lion Air terlantar di Bandara Internasional Soekarno-Hatta sejak Rabu (18/2/2015) kemarin. Berdasarkan kabar yang beredar bahwa penumpukan penumpang ini disebabkan oleh rusaknya 10 pesawat milik maskapai berlambang singa tersebut.

Menanggapi hal itu, Ketua Indonesia Slot Coordinator (IDSC) Hemi Pamuhardjo mengatakan pihaknya mendapatkan laporan hanya tiga pesawat milik Lion Air yang mengalami masalah.

"Kasus kemarin malam sesuai info dari Lion, satu pesawat kena birds strike dan dua pesawat kena FOD (foreign object debris). Demikian diinfo," ujarnya di Jakarta, Kamis (19/2/2015).

Birds stike atau biasa juga disebut dengan bird hit atau bird aircraft strike hazard merupakan tabrakan antara pesawat dengan hewan terbang seperti burung. Sedangkan Foreign Object Debris (FOD) yaitu keberadaan benda-benda asing yang dapat merusak mesin dan sistem pesawat, seperti puing dan partikel.

Untuk memperbaiki pesawat-pesawat yang bermasalah tersebut masih membutuhkan waktu, serta sekaligus melakukan penggantian dengan pesawat yang lain.

"Jadi kemungkinan ada re-rotation terhadap pesawat yang ada dan itu butuh waktu untuk back to normal," tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sekitar 600 penumpang Lion Air terlantar di Terminal 1A Gate 4 dan Gate 5 Bandara Soekarno-Hatta. PT Angkasa Pura (AP) II selaku pengelola bandara tersebut mengaku belum mengetahui penyebab keterlambatan penerbangan maskapai Lion Air. 

AP II pun mendesak pihak maskapai untuk memenuhi hak penumpang akibat delaynya pesawat tersebut. "Masih kami cari tahu penyebabnya. Kami terus berkoordinasi dengan sejumlah pihak termasuk Lion Air," ungkap Manager Humas dan Protokoler PT Angkasa Pura II Yudis Tiawan. (Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.