Sukses

Dapat Dana Talangan Lagi, Yunani Terhindar dari Kebangkrutan

Uni Eropa memutuskan memperpanjang waktu pinjaman selama empat bulan bagi paket dana talangan (bailout) 172 miliar euro ke Yunani.

Liputan6.com, Brussel- Usai rapat 11 jam, para Menteri Keuangan Uni Eropa memutuskan untuk memperpanjang waktu pinjaman selama empat bulan bagi paket dana talangan (bailout) 172 miliar euro ke Yunani. Keputusan ini telah menghindarkan negara itu dari potensi kebangkrutan.

Dilansir dari Reuters, Sabtu (21/2/2015), hal itu juga membuat Yunani batal tersingkir dari zona Euro. Namun, kesepakatan itu baru akan disahkan setelah kreditur Yunani puas dengan sejumlah daftar reformasi yang akan dikirimkan Yunanti pada pekan depan.

"Malam ini adalah langkah pertama dalam proses ini membangun kembali kepercayaan," ungkap Jeroen Dijsselbloem -- yang mengetuai kelompok menteri keuangan negara-negara Eropa.

Dijsselbloem menuturkan, kesepakatan itu dicapai pada pertemuan ketiga para 19 menteri keuangan zona euro, setelah dua pertemuan Eurogroup sebelumnya mengalami kebuntuan.

Kesepakatan itu menawarkan ruang bernapas bagi pemerintah baru Yunani untuk mencoba untuk menegosiasikan penghapusan utang jangka panjang dengan para kreditor.

Yunani diwajibkan untuk menyerahkan surat pada Senin pekan depan kepada Eurogroup, berisi daftar semua langkah-langkah kebijakan yang akan diambil selama sisa periode bailout, untuk memastikan mereka memenuhi persyaratan. Jika Uni Eropa, Bank Sentral Eropa dan IMF puas, negara-negara anggota zona euro akan meratifikasi perpanjangan. (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini