Sukses

Harga Emas Tertekan Dana Talangan Yunani

Harga emas berjangka untuk pengiriman April meluncur ke titik terendah menjadi US$ 1.198,56 per ounce, turun US$ 7 atau 0,6 persen.

Liputan6.com, Chicago - Saat Pasar saham menyambut gembira berita kesepakatan antara Uni Eropa dan Yunani soal perpanjangan dana talangan (bailout) senilai 172 miliar euro, namun harga emas turun di bawah US $ 1.200 per ounce.

Dilansir dalam mining.com, Sabtu (21/2/2015), harga emas berjangka untuk pengiriman April meluncur ke titik terendah menjadi US$ 1.198,56 per ounce, turun US$ 7 atau 0,6 persen.

Kesepakatan ini menghindarkan Yunani dari potensi kebangkrutan yang bisa membuat negara itu tersingkir dari zona Euro.

Namun, kesepakatan itu baru akan disahkan setelah kreditur Yunani puas dengan daftar reformasi yang akan  dikirimkan Yunanti pada pekan depan.

Langkah ini mengakhiri minggu yang penuh ketidakpastian sejak terpilihnya pemerintah baru Yunani yang berencana membalikkan langkah-langkah penghematan.

"Malam ini adalah langkah pertama dalam proses ini membangun kembali kepercayaan," ungkap Jeroen Dijsselbloem -- yang mengetuai kelompok menteri keuangan negara-negara Eropa.

Dijsselbloem menuturkan, kesepakatan itu dicapai pada pertemuan ketiga para 19 menteri keuangan zona euro, setelah dua pertemuan Eurogroup sebelumnya mengalami kebuntuan.

Kesepakatan itu menawarkan ruang bernapas bagi pemerintah baru Yunani untuk mencoba untuk menegosiasikan penghapusan utang jangka panjang dengan para kreditor. (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas

Video Terkini