Sukses

KEK Tanjung Lesung Senilai Rp 4,83 Triliun Siap Dioperasikan

Presiden Jokowi bakal meresmikan pengoperasian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung di Kabupaten Pandeglang pada 23 Februari 2015.

Liputan6.com, Serang - Presiden Joko Widodo bakal meresmikan pengoperasian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung di Kabupaten Pandeglang pada hari Senin 23 Februari 2015.

"Insya Allah beliau (Jokowi) datang meresmikan KEK Tanjung Lesung," terang Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten, Rano Karno, saat dihubungi Sabtu (21/2/2015).

Di bangun atas lahan 1.500 hektare (ha) dan memiliki garis pantai sepanjang 13 kilometer (km) dapat diintegrasikan fasilitas berkelas dunia dengan ekosistem alam dan budayanya. Kontruksi proyek ini menelan biaya Rp 4,83 triliun.

Keberadaan kawasan ini bisa membantu pemerintah dalam mencetak setoran devisa pada 2015 sebesar US$ 12,05 miliar atau Rp 150 triliun.

KEK Tanjung Lesung yang dikelola oleh PT. Banten West Java (BWJ) akan mengelola daerah wisata tersebut kemudian ditambah pembangunan Kawasan Marina dan Terminal Cruise dengan nilai investasi mencapai Rp 586 miliar oleh PT Pelindo II.

Selain dikelola oleh BWJ, KEK Tanjung Lesung pun akan menjadi tanggung jawab antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang.

Rano berharap dengan kedatangan Jokowi dalam meresmikan KEK Tanjung Lesung, dapat menarik banyak investor ke wilayah pariwisata tersebut, sehingga mampu mendongkrak perekonomian masyarakat Banten.

"Kita berharap bisa lewat udara, kalau lewat darat bisa sampai lima jam perjalanan," tegasnya. (Yandhi/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.