Sukses

Tertekan, Harga Emas Masih di Level US$ 1.200/Ounce

Kepastian dana talangan Yunani dan dolar menguat menekan harga emas di awal pekan ini.

Liputan6.com, Chicago - Harga emas masih tertekan di awal pekan ini, namun di kisaran US$ 1.200 per ounce. Pelaku pasar mengamati perkembangan perpanjangan dana talangan Yunani mempengaruhi harga emas.

Harga emas untuk pengiriman April melemah US$ 4,1 (0,3 persen) menjadi US$ 1.200,80 per ounce di divisi Comex.  Penurunan harga emas diikuti harga perak untuk pengiriman Maret yang melemah 1,9 sen atau 0,1 persen menjadi US$ 16.254 per ounce.

Pada Jumat pekan lalu, Yunani mendapatkan persetujuan perpanjangan dana talangan. Hal ini menekan harga emas. Selanjutnya, Yunani harus menyerahkan daftar reformasi yang harus disetujui kreditur.

Presiden Kerr Trading International, Kevin Kerr menuturkan, kekhawatiran terhadap penyelesaian utang Yunani mulai mereda sehingga mempengaruhi permintaan emas. Akan tetapi tidak pasti seberapa lama sentimen itu positif.

Selain sentimen Yunani, penguatan dolar Amerika Serikat (AS) dengan naik 0,26 persen juga menekan harga emas. Kerr mengharapkan, gerak harga emas masih berada di level rendah pekan ini.

"Akan tetapi sejumlah pelaku pasar mulai mengincar saat harga turun. Ketika pasar saham China kembali buka, maka pembelian akan lebih solid," kata Kerr, seperti dikutip dari laman Marketwatch, Selasa (24/2/2015.

Kerr menambahkan, harga emas akan kembali naik bila sentimen Yunani kembali negatif. Ditambah reli dolar mereda.

"Waktu baik untuk membeli datang, dan akan mendorong harga emas semakin tinggi," kata Kerr.

Ia menjelaskan, pelaku pasar pasar juga akan mengantisipasi pernyataan pimpinan bank sentral Amerika Serikat (AS) soal ekonomi dan kebijakan moneter di kongres pada pekan ini. (Ahm/)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas