Sukses

Mimpi Menaker: Tukang Batu di Desa Jadi Motor Infrastruktur RI

Selama ini profesi sebagai‎ tukang batu di daerah selalu dianggap remeh.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Tenaga Kerja Hanif Dha‎kiri mengaku memiliki mimpi untuk menjadikan para pekerja di desa-desa untuk berperan aktif dalam pembangunan ekonomi Indonesia.

Sebagai salah satu contohnya, Hanif ingin menjadikan para tukang batu di pinggir sungai di desa-desa untuk menjadi aktor pe‎laksana pembangunan infrastruktur.

Menurutnya, selama ini profesi sebagai‎ tukang batu di daerah selalu dianggap remeh. Padahal profesi-profesi itulah yang sebenarnya menjadi potensi pembangunan infrastruktur di Indonesia.

"Padahal kalau bicara potensi tenaga kerja Indonesia besar sekali, tidak ada kampung di Indonesia yang tidak ada tukang batunya," cerita Hanif di kantornya, Selasa (24/2/2015).

Untuk meningkatkan kualitas para tukang batu tersebut, Hanif mengaku pemerintah akan menyiapkan pelatihan-pelatihan kusus bagi mereka untuk dapat meningkatkan kualitas pekerjaannya.

‎Adalapun landasan untuk membuat peningkatan kualitas para pekerja di daerah tersebut pemerintah telah mencanangkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)‎.

‎"Kalau ini dilatih melalui penerapkan KKNI ini misal sektor konsumsi, bukan tidak mungkin akan meningkatkan upah mereka dalam pasar tenaga kerja," tegas Hanif.

KKNI merupakan program pemerintah sebagai pondasi untuk pengembangan pelatihan berbasis kompetensi, serta sebagai acuan untuk pengembangan sertifikasi kompetensi.

KKNI juga dapat digunakan sebagai acuan untuk negosiasi kerjasama saling pengakuan kompetensi antar negara di bidanf kompetisi dan kualifikasi tenaga kerja. (Yas/Ndw)‎
    

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.