Sukses

Jika Ada Kelangkaan Elpiji di Wilayah Anda, Hubungi Instansi Ini

Kelangkaan pasokan elpiji 3 Kg bukan karena permasalahan penyaluran atau pengurangan pasokan.

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas) Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) telah membentuk satuan tugas untuk mengurai kelangkaan elpiji 3 kilogram (Kg).

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmaja mengatakan, tim yang telah dibentuk tersebut akan memecahkan masalah kelangkaan gas elpiji subsidi yang telah terjadi di beberapa daerah selama berminggu-minggu ini.

"Saya sudah bentuk task force namanya Quick Response, untuk mengatasi kelangkaan gas elpiji 3 kg di masyarakat," kata Wira, di Kantor Ditjen Migas, Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (25/2/2015).

Wira pun meminta masyarakat yang wilayahnya mengalami kelangkaan elpiji 3 kg untuk melaporkan ke kantor Ditjen Migas Kementerian ESDM yang berkantor di Gedung Plaza Centris, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan. "Kalau ada tolong diinfokan ke saya bisa tim bisa segera bergerak, jangan sampai ada kelangkaan," tuturnya.

Menurut Wira, kelangkaan pasokan elpiji 3 kg bukan karena permasalahan penyaluran atau pengurangan pasokan, tetapi ada pihak yang sengaja menimbun elpiji yang dibungkus dengan tabung berkelir hijau tersebut.

Beli di SPBU

PT Pertamina (Persero) menyarankan kepada masyarakat jika tak menemukan elpiji 3 kg di agen, distributor atau pengecer maka bisa mencarinya di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang mengatakan, untuk mengatasi kelangkaan elpiji 3 kg, Pertamina telah melakukan penyebaran pasokan berbagai agen dan juga SPBU. " Untuk lebih menjamin penyebaran elpiji 3 kg, maka di seluruh SPBU akan tersedia elpiji 3 Kg," kata Ahmad, di Jakarta, Rabu (25/2/2015).

Dengan adanya langkah penyebaran tersebut, diharapkan masyarakat bisa mendapatkan elpiji 3 kg dengan mudah. Selain itu, jika masyarakat menemukan ada pengecer yang menjual elpiji dengan harga di atas ketentuan, Pertamina menyarankan agar warga tidak usah membeli di pengecer tetapi membeli ke SPBU.

" Di SPBU dengan harga sesuai HET yang ditetapkan. Jika harga suatu daerah mahal, Silahkan masyarakat beli saja di SPBU dan saya yakin gas elpiji 3 kg sudah tersebar di SPBU khususnya untuk di Jawa," ungkapnya. (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini