Sukses

Ini Keuntungan Personal Brand yang Kuat Saat Berkarir

Personal brand (keunikan diri) merupakan salah satu aspek penting saat meniti karir. Apa saja keuntungan memiliki personal brand yang kuat?

Liputan6.com, Jakarta - Personal brand (keunikan diri) merupakan salah satu aspek penting saat meniti karir. CEO Karir.com Dino Martin menjelaskan, Personal branding adalah tentang bagaimana Anda membedakan diri sendiri secara positif dengan orang lain.

"Personal branding merupakan bentuk diferensiasi diri. Personal branding membedakan Anda dengan rekan kerja lain atau pebisnis di bidang serupa," ujarnya seperti dilansir dari kerterangan tertulisnya, Rabu (25/2/2015).

Tak heran, penting bagi Anda untuk membangun personal brand yang kuat saat meniti karir. Menurut Dino, personal brand yang kuat dapat mendatangkan sejumlah keuntungan.

Dia menerangkan, personal branding dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda.

"Saat melalui proses personal branding, Anda mengembangkan pemahaman diri tentang apa yang keunikan, kekuatan dan nilai positif yang dimiliki. Ini membantu Anda mengoptimalkan dan menunjukan kekuatan saat berkarir," tuturnya.

Selain itu, personal branding juga membantu Anda memperjelas tujuan pribadi baik saat berkarir maupun berbisnis. Personal branding juga berperan dalam memperjelas tujuan-tujuan yang ingin dicapai.

Personal branding membantu Anda lebih terlihat dan diakui.

"Setelah Anda tahu apa yang unik dan menarik tentang diri sendiri atau perusahaan, informasi itu dapat digunakan untuk membangun keunikan pribadi," terangnya.

Personal branding juga menawarkan lebih banyak kontrol dan kekuatan. Dalam berbisnis, Anda dikenal sebagai sosok yang berbeda di mata para klien untuk setiap proyek yang dikerjakan serta cara melayani klien.

Lebih hebat lagi, personal branding mampu menciptakan kekayaan. Bagi para pegawai, brand yang kuat dapat membantu kenaikkan gaji atau naik jabatan.  Tak hanya itu, personal branding juga menawarkan ketahanan.

"Brand yang kuat adalah brand yang sukses meskipun diterpa tantangan dan kemunduran dalam perekonomian, karena mereka berdiri untuk sesuatu yang unik dan berbeda," kata Dino.

Jika Anda ingin sukses, menciptakan merek pribadi bukan hanya sebuah pilihan, melainkan suatu kebutuhan. Apakah Anda bercita-cita untuk naik jabatan atau meraih pekerjaan impian, brand yang menarik dapat membantu mencapai tujuan tersebut. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.