Sukses

Tingkatkan Bisnis Kartu Debit, Bank Mandiri Gandeng Kopkarhutan

Nilai transaksi penggunaan kartu Debit Bank Mandiri hingga Desember 2014 mencapai Rp 45,1 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk dan Koperasi Karyawan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kopkarhutan) menerbitkan kartu debit co-branding untuk memenuhi kebutuhan keuangan karyawan Kemenhut. Rencananya, kartu anggota berbasis ATM tersebut akan digunakan oleh sekitar 4.000 anggota koperasi karyawan kehutanan.

Direktur Corporate Banking Bank Mandiri, Fransisca Nelwan Mok menjelaskan, pada kartu tersebut akan tercetak nama dan nomor anggota Kopkarhutan yang digunakan untuk mengakses website Kopkarhutan untuk mengetahui saldo simpanan dan pinjaman di Kopkarhutan.

“Kami berharap layanan ini dapat membantu para karyawan anggota koperasi di Kementerian Kehutanan dalam memenuhi kebutuhan finansialnya, sehingga mampu mendukung aktivitas para karyawan,” kata Fransisca.

Bank Mandiri telah mengembangkan bisnis kartu debit sejak 2000. Saat ini, Bank Mandiri telah menerbitkan kartu debit sebanyak 12,1 juta kartu. dari jumlah tersebut, transaksi yang dilakukan pengguna kartu debit Bank Mandiri selama tahun 2014 mencapai 61,9 juta transaksi, naik 22,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang tercatat sebanyak 50,6 juta transaksi.

Sementara itu, nilai transaksi penggunaan kartu Debit Bank Mandiri hingga Desember 2014 mencapai Rp 45,1 triliun, tumbuh 25,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2013 sebesar Rp 35,9 triliun.

”Melalui kerjasama co-branding ini, kami optimis penggunaan kartu debit dapat terus tumbuh secara berkelanjutan serta dapat memberikan nilai tambah yang baik bagi nasabah sebagai pengguna,” lanjut Fransisca.

Bisnis kartu debit memang cukup diminati oleh industri perbankan karena dari transaksi kartu debit, bank bisa mengumpulkan pendapatan non bunga. Maka tak heran jika bank terus mendorong pertumbuhan bisnis kartu debit. Sebelumnya, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) juga meluncurkan kartu debit baru dengan fasilitas yang berlaku di seluruh dunia. Oleh BNI, kartu debit tersebut diberi nama BNI Emerald World MasterCard.

Direktur Utama BNI, Gatot M Suwondo mengatakan, penerbitan kartu debit ini dimaksudkan untuk meningkatkan layanan BNI kepada nasabah prioritas dan sebagai komitmen untuk memberikan pengalaman terbaik.

"BNI Emerald World MasterCard akan menambah kenyamanan serta pengalaman tersendiri untuk nasabah," jelasnya. Nasabah BNI yang bisa mendapat kartu debit tersebut adalah mereka yang menjadi nasabah prioritas.

Fasilitas yang didapat oleh nasabah prioritas BNI yang memiliki kartu tersebut antara lain cashback 5 persen di Galeries Lafayette Haussmann Paris dan Jakarta, penerimaan transaksi diseluruh dunia (world acceptance), akses khusus ke lebih dari 700 airport lounges di lebih dari 120 negara. (Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini