Sukses

Harga Emas Berkilau Dipicu Data Ekonomi AS

Data menunjukkan bahwa impor emas China dari Hong Kong naik pada bulan Januari.

Liputan6.com, New York - Harga emas meningkat pada Jumat (27/2/2015) ini, usai data ekonomi AS menguat di luar prediksi dan mengangkat dolar serta didorong meredanya pembelian dari China.

Ini merupakan imbas dari Federal Reserve yang mengindikasikan tidak akan terburu-buru untuk menaikkan suku bunga.

Dolar naik terhadap sekeranjang mata uang sebagai data pesanan barang tahan lama AS pada bulan Januari mengalahkan perkiraan, mendorong kepercayaan dalam kegiatan usaha meskipun kekhawatiran lonjakan baru-baru ini dalam dolar menyakiti ekspor.

Harga emas di pasar spot naik 0,3 persen menjadi US$ 1.208 per ounce. Sebelumnya harga emas mencapai sesi tinggi US$ 1.220 per ounce, di atas rata-rata 100-hari pada posisi US$ 1.216,20 per ounce, sebelum mundur karena penguatan dolar.

Emas untuk pengiriman April naik 0,7 persen untuk menetap di US$ 1.210,10 per ounce.

"Pasar terasa agak berat. Kami sudah membeli baik emas fisik dari Timur Jauh China dibuka setelah libur Imlek Minggu di atas US$ 1.210-US$ 1.212, tapi berhenti," ujar Kepala perdagangan MKS Afshin Nabavi melansir Reuters.

Harga emas telah jatuh sekitar 10 persen dibanding tahun lalu, sebagian besar karena prospek suku bunga AS yang lebih tinggi, yang akan meningkatkan biaya pada non yield, sementara dolar naik.

Harga logam sempat naik awal pekan ini setelah Gubernur Fed Janet Yellen menunjukkan bank sentral AS tidak terburu-buru untuk menaikkan suku bunga, yang menyebabkan beberapa analis menggeser harapan untuk kenaikan suku bunga AS pertama sejak 2006 hingga September atau akhir tahun ini.

Harga premi emas  di Shanghai Gold Exchange tetap kokoh sekitar US$ 4- US$ 5 per ounce setelah liburan Tahun Baru China pada 18-24 Februari.

Data menunjukkan bahwa impor emas China dari Hong Kong naik pada bulan Januari dari bulan sebelumnya, yang mencerminkan peningkatan permintaan menjelang Tahun Baru Imlek.

Impor emas dari Hong Kong naik menjadi 76,118 ton bulan lalu dari level terendah tiga bulan dari 71,381 ton pada bulan Desember. (Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas

Video Terkini