Sukses

Tips Hemat Uang saat Siapkan Resepsi Pernikahan

Merencanakan pernikahan memang serba heboh dan kadang membuat stres. Tapi sesungguhnya, Anda tidak perlu khawatir.

Liputan6.com, New York - Setelah prosesi lamaran dan pertunangan, para calon pengantin harus menghadapi bagian pra-pernikahan paling rawan stress, yaitu merencanakan resepsi.

Ada beberapa fakta yang harus Anda pelajari demi menghemat uang untuk proses pernikahan. Anda pun akan mengerti bahwa walau menjadi upacara sekali seumur hidup, pernikahan bukan sesuatu yang harus menyita seluruh pikiran dan terutama biaya.

Mengutip dari lifehack.org, Minggu (27/2/2015), berikut ini tips-tips untuk menghemat uang dan waktu dalam merencanakan resepsi:

1. Orang-orang paling mengingat dua hal ini dari pesta pernikahan: makanan dan perasaan

Bertahun-tahun setelah pesta pernikahan, tidak ada lagi orang-orang yang akan mengingat seperti apa bentuk undangan, bunga, dan kue pernikahan Anda. Bagaimanapun, kalau makanan pernikahan itu enak, dan mereka menikmati waktu mereka di acara Anda, mereka akan mengingatnya.

2. Kartu undangan pada akhirnya berakhir di kotak sampah

Kecuali salah satu tamu undangan Anda merupakan kolektor kartu undangan, tidak ada yang akan menyimpan kartu undangan pernikahan Anda. Perlu menjadi perhatian Anda dan pasangan yang ingin membuat kartu yang paling menggambarkan kalian, namun pada akhirnya, kartu itu akan berakhir di kotak sampah. Jadi tidak perlu bayar terlalu mahal untuk kartu undangan.

3. Sering-sering browsing situs tentang pernikahan

Di internet, Anda bisa mencari tahu info tentang pernikahan, bagaimana mendapat budget lebih murah dan mencari lokasi yang tepat untuk resepsi Anda. Coba cari cerita-cerita dari orang yang sudah menikah.

4. Banyak cara menghemat biaya gaun pengantin

Rata-rata gaun pengantin bisa bernilai US$ 1.300 dolar atau kurang lebih setara Rp 14,3 juta. Dana yang digunakan untuk gaun pengantin tersebut sungguh mahal untuk kategori dipakai sekali. Padahal, Anda bisa menyewa atau menjahit sendiri gaun Anda untuk harga yang lebih murah.

5. Tidak perlu terpaku pada katering yang sama

Makanan dan minuman merupakan hal yang paling berkesan dari pesta pernikahan, Anda harus berfokus pada hal ini. Memang tidak seharusnya membayar lebih, karena makanan sederhana, jika dimasak dengan baik bisa jadi makanan yang berkesan. Bagaimanapun, tugas Anda adalah membuat makanan terlihat lebih menggoda. Tapi coba pilih-pilih lagi, lebih baik bayar kurang untuk makanan demi hiasan atau gaun pengantin atau bayar harga yang pas? (Indy/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.