Sukses

Jokowi Sidak Gudang Bulog Bikin Harga Beras Langsung Turun

Presiden Jokowi mengunjungi gudang Perum Bulog di Kelapa Gading, Jakarta Utara pekan ini guna meluncurkan operasi pasar dan raskin.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah kenaikan tajam harga beras hingga di atas Rp 10 ribu per kilogram, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi gudang Perum Bulog di Kelapa Gading, Jakarta Utara pekan ini guna meluncurkan operasi pasar dan pendistribusian beras miskin (raskin) jatah Januari dan Februari 2015. Hanya selang dua hari setelah kunjungan Jokowi di gudang Bulog tersebut, harga beras langsung bergerak turun.

"Kemarin yang pak presiden hadir ke gudang (Bulog), itu memiliki pressure harga yang cukup bagus untuk pasar, karena kemarin harga tercatat sudah turun 150 per kg di tingkat grosir," ungkap Direktur Pelayanan Publik Perum Bulog, Lely Pelitasari Subekti dalam diskusi terbuka di Jakarta, Sabtu (27/2/2015).

Pemerhati pertanian Khudori membenarkan adanya penurunan harga beras di pasar setelah kunjungan Jokowi ke gudang Bulog. Bahkan dirinya mencatat jumlah penurunan harga yang lebih tinggi.

"Setelah Pak Jokowi turun ke Bulog, ternyata harga beras langsung turun. Tapi informasi dari koperasi pedagang pasar induk Cipinang, Jokowi berkunjung hari ini, besoknya harga beras bahkan turun Rp 500 per Kg," tutur Khudori.

Namun menurutnya, kondisi ini justru membenarkan adanya spekulasi di pasar. Ketika pemerintah memberikan peringatan untuk menggelontorkan pasokan beras di Bulog sebanyak-banyaknya supaya harga cepat turun, mereka yang menahan pasokan juga ikut mengeluarkan simpanannya.

"Karena kalau Bulog melakukannya, dan mereka masih tahan, keuntungan mereka semakin kecil. Makanya mereka keluarkan pasokan yang memicu harga di pasar jadi turun Rp 150-Rp 500 per Kg," terangnya. (Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.