Sukses

Harga Beras Diperkirakan Turun Pertengahan Bulan Ini

Biasanya Pasar Induk Beras Cipinang mendapat pasokan beras dari berbagai wilayah di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta Bulog.

Liputan6.com, Jakarta - Harga beras yang tengah mengalami lonjakan diperkirakan akan kembali turun pada pertengahan bulan ini seiring dengan masuknya masa panen di beberapa daerah.

Senior Manajer Perdagangan Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, Suminta mengatakan, sebenarnya kenaikan harga beras pada awal tahun sudah menjadi siklus tahunan dan akan kembali turun ketika musim panen tiba. Masa panen tersebut diprediksikan akan terjadi pada Maret ini.

"Tiap tahun, kalau sudah ada panen tidak perlu campur tangan pihak manapun sudah pasti harga beras akan turun. Tinggal tunggu pasokan banyak. Informasinya pertengahan Maret sudah ada panen, diharapkan bisa turun lagi harganya," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, seperti ditulis Minggu (1/3/2015).

Suminta menjelaskan, biasanya Pasar Induk Beras Cipinang mendapat pasokan beras dari berbagai wilayah di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta sebagian dari Perum Bulog.

"Beras di sini biasanya dari Jawa Barat seperti Pantura, Karawang Cirebon Bandung, Cianjur, Sumedang. Kemudian dari Jawa Tengah itu Demak, Solo, Pati, Tegal. Dan Jawa Timur seperti Ngawi dan Madiun. Tetapi ada juga beras yang asalnya dari Bulog," lanjut dia.

Menurut Suminta, kenaikan harga yang terjadi belakangan ini disebabkan oleh kurangnya pasokan dari wilayah-wilayah tersebut karena belum memasuki masa panen. Sedangkan Bulog telah menghentikan operasi pasarnya di Cipinang sejak pertengahan bulan lalu.

"Intinya kalau pasokan kurang harga pasti naik. Untuk tutup pasokan kami tidak bisa memaksa dari mana, karena dari daerah jang memang susah," katanya.

Meski demikian, operasi pasar yang dilakukan Bulog langsung ke pasar-pasar wilayah diharapkan bisa menahan harga agar tidak naik lebih tinggi lagi sambil menunggu masa panen tiba.

"Saya belum tahu kebijakan pemerintah seperti apa soal harga beras. Paling operasi pasar yang langsung ke daerah-daerah itu supaya harga yang murah bisa langsung sampai ke konsumen," tandasnya. (Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini